Sabtu, 06 Maret 2010

e - learning

e-learning adalah proses pembelajaran yang disampaikan atau difasilitasi oleh teknologi elektronik, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Benyak sekali manfaat yang dapat diterima dari ketersediaan sistem e-learning antara lain melalui sistem pembelajaran e-learning dapat melakukan pertukaran ide dan ilmu pengetahuan antar perguruan tinggi dan masyarakat yang akan membawa dampak baik pada perkembangan kebudayaan, sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Saat ini, e-learning menjadi salah satu dari bentuk kemajuan teknologi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Terutama bagi para pelajar dan mahasiswa, dengan menggunakan pembelajaran e-learning mahasiswa dan pelajar dapat dengan mudah menambah wawasan dan pengetahuannya tanpa harus repot. Dengan e-learning mahasiswa dan pelajar dapat menggunakan waktunya seefisien mungkin. Mahasiswa atau pelajar dapat lebiih termotivasi untuk belajar karena tidak monoton hanya mendengarkan pelajaran yang disampaikan saja seperti saat berada di kelas. Tapi mahasiswa dapat dengan santai dan nyaman belajar karena dengan metode e-learning mahasiswa dapat belajar sambil menyenangkan dirinya, misalnya saja dapat mendengarkan music ataupun menggunakan video untuk menambah semangat belajar.

Aplikasi E-Learning dapat disimpulkan bahwa :

1. Model Pembelajarn e-Learning bisa menggunakan jasa audio, video atau perangkat komputer atau kombinasi dari ketiganya.

2. Proses belajar mengajar menggunakan alat bantu video dan musik dapat mendorong peserta didik untuk belajar dengan diiringin musik dan gambargambar atau tampilan yang menarik lewat video sehingga peserta didik lebih senang yang tidak merasa bosan dengan bahan yang diajarkan dan proses belajar mengajar menggunakan alat bantu komputer dapat juga mendorong peserta didik selalu ingin tau mengenai informasi yang ingin didapat sehingga peserta didik lebih aktif untuk mencari informasi.


Adapun kata perlu menganalisa dampak e-learning tersebut. Baik dari segi Positif ataupun Negatif :

1. Kelebihan e-learning

Kelebihannya yaitu peserta didik dapat merasa senang dan tidak bosan dengan materi yang diajarkan karena menggunakan alat bantu seperti video, audio dan juga dapat menggunakan alat bantu seperti komputer bagi sekolah yang sudah mempunyai peralatan komputer.

2. Kekurangan e-learning

Guru banyak yang belum siap menggunakan metode e-learning dan masih mengajar menggunakan metode ceramah serta belum terampil menggunakan fasilitas seperti video dan komputer.

Sumber :

http://dbora31.wordpress.com/2007/06/16/sistem-pembelajaran-e-learning/

http://www.bloggaul.com/yannugrohosaleh/readblog/83549/kelebihan-kekurangan-model pembelajaran-e-learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar