Jumat, 19 Februari 2010

Tugas - Tugas Perkembangan Remaja

A. Tugas – Tugas Perkembangan Remaja

Robert J. Havinghust (Hurlock, 1990) mengatakan bahwa tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar satu periode tertentu dari kehidupan individu dan jika berhasil akan menimbulkan fase bahagia dan membawa keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya. Sebaliknya jika gagal akan menimbulkan rasa tidak bahagia dan kesulitan dalam menghadapi tugas-tugas berikutnya. Tugas-tugas perkembangan berikut beberapa di antaranya muncul sebagai akibat kematangan fisik, sedangkan yang lain berkembang karena adanya aspirasi budaya, sementara yang lainnya tumbuh dan berkembang karena nilai-nilai dan aspirasi individu.

Tugas-tugas perkembangan individu mempunyai 3 macam tujuan yang sangat bermanfaat bagi individu dalam menyelesaikan tugas perkembangan, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari mereka pada usia-usia tertentu.

2. Memberikan motivasi kepada setiap individu untuk melakukan apa yang diharapkan oleh kelompok social pada usia tertentu sepanjang kehidupannya.

3. Menunjukkan kepada setiap individu tentang apa yang akan mereka hadapi dan tindakan apa yang diharapkan dari mereka jika nantinnya akan memasuki tingkat perkembangan berikutnya.

Tugas-tugas perkembangan ada yang dapat diselesaikan dengan baik, ada juga yang mengalami hambatan. Tidak dapat diselesaikannya dengan baik suatu tugas perkembangan dapat menjadi suatu bahaya potensial. Ada 3 macam bahaya potensial yang menjadi penghambat penyelesaian tugas perkembangan, yaitu sebagai berikut :

1. Harapan-harapan yang kurang tepat, baik individu maupun lingkungan social mengharapkan perilaku di luar kemampuan fisik maupun psikologis.

2. Melangkahi tahap-tahap tertentu dalam perkembangan sebagai akibat dari kegagalan menguasai tugas-tugas tertentu.

3. Adanya krisis yang dialami individu karena melewati satu tingkatan ke tingkatan yang lain.

B. Jenis – Jenis Tugas Perkembangan Remaja

Menurut Havinghust (Harlock, 1990), ada sejumlah tugas perkembangan yang harus diselesaikan dengan baik oleh remaja, yaitu :

1. Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita.

2. Mencapai peran social pria dan wanita

3. Menerima keadaan fisiknya dan menggunakannya secara efektif

4. Mencari kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya

5. Mencapai jaminan kebebasan ekonomi

6. Memilih dan menyiapkan lapangan pekerjaan

7. Persiapan memasuki kehidupan rumah tangga

8. Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep yang penting untuk kompetensi kewarganegaraan

9. Mencapai dan mengharapkan tingkah laku social yang bertanggung jawab

10. Memperoleh suatu himpunan nilai-nilai dan system etika sebagai pedoman tingkah laku.

C. Implikasi Tugas – Tugas Perkembangan Remaja Bagi Pendidikan

Tugas – tugas perkembangan remaja harus dapat diselesaikan dengan baik, karena akan membawa implikasi penting bagi penyelenggaraan pendidikan dalam membantu remaja tersebut, yaitu :

1. Sekolah dan perguruan tinggi perlu memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan-kegiatan non akademik melalui berbagai perkumpulan.

2. Membantu remaja putra dan putrid yang tidak sesuai dengan jenis kelaminnya melalui bimbingan dan konseling.

3. Siswa yang lambat perkembangan jasmaninya diberi kesempatan berlomba dalam kegiatan kelompoknya sendiri.

4. Pemberian bantuan kepada siswa untuk memilih lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginannya, sesuai dengan system kemasyarakatan yang dianutnya, dan membantu siswa mendapatkan pendidikan yang bermanfaat untuk mempersiapkan diri memasuki pekerjaan.

Sumber : Ali, M., Asrori, M. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta : PT. Bumi Aksara

2 komentar:

  1. artikel bahaya dari tugas2 perkembangan ada tidak???

    BalasHapus
  2. bahaya" daari tugas" perkembanagan ada g , ,

    klo adah..
    tolong lah d jlas kan,,

    BalasHapus