Senin, 15 Februari 2010

Pro – Kontra Facebook di Masyarakat

Kemunculan Facebook di tengah-tengah berkembangnya kemajuan internet dan majunya perkembangan teknologi seakan menghipnotis banyak kalangan baik muda maupun tua. Berbondong-bondong membuat akun facebook dengan berbagai alasan mulai dari berbisnis, ajang mencari teman sampai mencari pacar, silahturahmi antara teman lama atupun hanya sekedar mengikuti tren perkembangan masyarakat.

Facebook sendiri dilihat dari berbagai sisi memiliki dampak positif maupun negative di masyarakat. Mulai dari terjalinnya hubungan antara teman yang sudah lama tidak bertemu, mencari teman baru, media bertukar informasi ataupun kabar berita dan juga yang tidak dapat dipungkiri secara tidak langsung facebook juga merupakan media dimana seseorang dapat menjalin hubungan yang lebih dekat atau berpacaran. Tetapi belakangan ini di balik semua sisi baiknya Facebook justru menimbulkan banyak pemasalahan yang mencemaskan atau bahkan mengkhawatirkan bagi banyak kalangan.

Lihat saja berita yang sekarang marak disiarkan di berbagai TV swasta maupun media massa, facebook sudah menjadi lahan atau media yang menguntungkan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab ataupun orang-orang yang berniat buruk. Situs facebook kini bisa digunakan untuk memperluas lahan usaha bagi bisnis jasa PSK yang dapat dengan mudah di akses oleh berbagai usia. Yang lebih mengenaskan lagi menurut kabar di media massa maupun di TV swasta para penikmat jasa ini salah satunya adalah orang-orang penting. Selain itu, facebook juga telah membuka peluang bagi pasangan yang telah menikah untuk berselingkuh dengan teman di facebooknya. Hubungan ini tidak hanya terjalin secara psikis tetapi juga secara fisik dan tidak sedikit pasangan yang memilih bercerai ataupun masalah ini akhirnya berujung di meja hijau dan berakhir di balik jeruji besi.

Dan yang saat ini sedang menghebohkan adalah anak remaja yang berusia belasan tahun maupun yang sudah dewasa yang hilang bersama teman facebooknya dan bahkan ada yang akhirnya harus kehilangan keperawanannya. Mungkin masih banyak lagi kasus-kasus yang belum terungkap di masyarakat. Tetapi masalah yang timbul akibat facebook ini semuanya kembali ke diri individu itu sendiri karena bagaimanapun individulah yang bisa mengontrol apa yang dia lakukan dan pengawasan serta bimbingan orangtua juga akan berperan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bagaimanapun tidak sedikit orang yang mengunakan facebook yang mendapatkan keuntungan yang berguna bagi kehidupannya bahkan mendapatkan penghasilan yang besar melalui bisnis di facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar