Minggu, 03 Januari 2010

PENTINGNYA AIR SUSU IBU (ASI) UNTUK BAYI

Air susu ibu (ASI) adalah makanan alamiah bagi bayi. Pasalnya, ASI mengandung semua yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan yang sehat. ASI mengandung zat gizi, protein, vitamin, zat besi, kalsium, lemak dan nutrisi-nutrisi dasar serta elemen lain. Komposisi ASI selalu sesuai dengan tahap pertumbuhan bayi. Memberikan ASI kepada bayi, bukan saja memberikan kebaikan kepada bayi tapi juga memberikan keuntungan kepada bayi.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI mempunyai IQ lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberi ASI. Pemberian ASI ini hendaknya sesegera mungkin dalam 30-60 menit setelah lahir. Semakin sering menyusui semakin sering keluar. Jika tidak dilakukan si ibu akan sulit menyusui. Akhirnya ASI akan mengering dan si ibu akan beralih ke susu formula. Sayangnya saat ini banyak ibu yang memilih memberikan susu formula kepada bayinya dengan alasan kesibukan dan lain sebagainya mengalihkan para ibu melakukan pemberian ASI dengan susu formula. Padahal dalam sebuah penelitian, diperkirakan hanya 1 dari 1000 ibu yang tidak bisa menyusui anaknya karena adanya kelainan di payudara sang ibu. Kelainan ini sudah dapat terdeteksi sejak masa kehamilan.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar ibu tetap dapat memberikan ASI pada anaknya walaupun ibu sedang bekerja ataupun berpergian. Misalnya, dengan memompa ASI dan menyimpannya di kulkas atau jika sedang di luar bisa dengan cara menggunakan pakaian berkancing depan dan menutupinya dengan selendang saat menyusui. Banyak ibu yang menyadari kekurangan dari susu formula terhadap pertumbuhan bayinya tetapi mereka seakan tidak memperdulikan hal itu dan hanya melihat dari sisi praktisnya saja.

Salah satu resiko pergantian ASI ke susu formula yaitu

v Kemungkinan terkontaminasi bakteri dari luar.

v Daya tahan tubuh bayi tidak terlalu kuat.

v Merusak gigi bayi nantinya karena menggunakan botol susu saat menyusu.

Selain itu ASI juga memiliki keuntungan bagi bayi dan juga bagi ibu yaitu:

* Keuntungan untuk Bayi

v ASI adalah makanan alamiah yang disediakan untuk bayi anda dalam komposisi nutrisi yang sesuai untuk perkembangan bayi sehat.

v ASI mudah dicerna oleh bayi.

v Nutrisi yang terkandung dalam ASI mudah dicerna bayi

v ASI kaya akan antibody yang membantu tubuh bayi untuk melawan infeksi dan penyakit lainnya.

v ASI dapat mencegah karies karena mengandung mineral selenium.

v Dari sebuah penelitian di Denmark ditemukan bayi yang diberikan ASI sampai lebih dari 9 bulan akan menjadi dewasa yang lebih cerdas. Hal ini diduga karena bayi mengandung DHA/ AA.

v Bayi yang diberikan ASI ekslusif sampai 4 bulan akan menurunkan resiko sakit jantung bila mereka dewasa.

v ASI juga menurunkan resiko diare, infeksi saluran nafas bagian bawah, infeksi saluran kencing, dan juga menurunkan resiko kematian bayi mendadak.

v Memberikan ASI juga membina ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi.

* Keuntungan untuk Ibu

v Memberikan ASI segera setelah melahirkan akan meningkatkan kontraksi rahim, yang berarti mengurangi resiko pendarahan bagi ibu.

v Membantu memperkecil ukuran rahim ke ukuran sebelum hamil.

v Menyusui (ASI) membakar kalori sehingga membantu penurunan berat badan lebih cepat.

v Beberapa ahli menyatakan bahwa terjadinya kanker payudara pada wanita menyusui sangat rendah.

Sumber : Berita Kota edisi Minggu, 3 January 2010 No. 3487 tahun Ke-11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar